Home  /  Obesitas  / Cara-cara Mencegah Obesitas yang Dapat Anda Praktikkan

Cara-cara Mencegah Obesitas yang Dapat Anda Praktikkan


junk_food_640x0_rozmiar-niestandardowy

Mencegah obesitas dapat dilakukan oleh semua orang. Obesitas atau kegemukan banyak dialami oleh mereka yang masih muda, bahkan berumur anak-anak. Cukup banyak faktor penyebabnya. Namun yang paling dominan adalah gaya hidup sehari-hari yang tidak sehat.apalagi di zaman yang serba modern, canggih, dan instan seperti saat ini. Tentu sangat mudah untuk menemukan sebuah makanan atau minuman yang enak-enak, tetapi tidak bergizi sama sekali. Hal itu dikarenakan kamanan dan minuman tersebut hanya mengenyangkan saja, tanpa diimbangi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebagai contoh, makanan cepat saji atau fastfood yang banyak beredar terutama di kota-kota besar dengan berbagai macam dan jenisnya. Oleh karena itu, tidak heran jika masyarakat yang bertempat tinggal di perkotaan tidak sedikit yang mengalami obesitas. Lalu, bagaimana pencegahan obesitas? Salah satu cara yang paling ampuh, yaitu menerapkan pola hidup sehat sehari-hari. Dalam arti, dalam keseharian Anda harus menjalani rutinitas yang berbalut dengan kesehatan dan kebugaran. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan terkait penerapan pola hidup sehat ini, yaitu sebagai berikut.

ツ Mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi

Pertama, makan makanan yang bergizi dan bernutrisi. Makanan seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan laut, dan susu sapi atau susu kedelai. Itu beberapa contoh makanan yang bergizi dan bernutrisi. Namun, ada juga makanan yang harus dihindari untuk mencegah obesitas karena kaya akan lemak dan kalori, antara lain daging merah, makanan goreng-gorengan, makanan laut, dan sebagainya. Anda sebenarnya boleh mengkonsumsinya, tetapi dalam porsi yang sangat kecil dan tidak boleh berulang kali. Misalnya, seminggu sekali makan daging merah dengan porsi yang kecil.

ツ Berolahraga dengan rutin

Kedua, rutin berolahraga. Cara ini juga ampuh untuk pencegahan obesitas karena dapat membakar timbunan lemak dan kalori di dalam tubuh Anda secara efisien. Tidak sedikit orang yang rajin olahraga, tetapi tidak dapat menjaga pola makan yang sehat. Hal itu sama saja omong kosong dan peluang obesitas yang dialaminya masih tinggi. Sebagai contoh, seseorang yang rajin berolahraga dengan porsi yang cukup berat karena ikut fitness di tempat gym. Namun, setelah berolahraga orang tersebut mengkonsumsi berbagai makanan yang mengenyangkan dengan membabi buta. Akibatnya, timbunan lemak dan kalori yang sudah dibakarnya saat berolahraga, menumpuk kembali. Anda jangan melakukan hal seperti itu.

ツ Mencari lingkungan yang mendukung

Ketiga, lingkungan yang mendukung. Untuk pencegahan obesitas, sebaiknya Anda merapat pada lingkungan yang mendukung Anda. Dengan begitu, semua kegiatan yang bertujuan untuk mencegah obesitas dapat terlaksana dengan lancar. Sebagai contoh, Anda di keluarga yang memang sebagian besar berbadan gemuk dan hampir tiap hari mengkonsumsi makanan yang berat-berat. Anda yang masih memiliki berat badan yang proporsional, sebaiknya tidak meniru apa yang mereka makan. Oleh karena itulah, Anda sebisa mungkin untuk tidak terpengaruh untuk menjalankan pola makan yang kurang sehat. Lingkungan memang salah satu faktor dominan untuk mengubah Anda, seperti halnya menerapkan pola hidup sehat.

ツ Komitmen pada diri sendiri

Keempat, komitmen pada diri sendiri. Cara ini dipandang mudah, tetapi pelaksanaannya yang sulit. Pasalnya, Anda harus berjanji pada diri sendiri untuk sebisa mungkin melakukan cara-cara pola hidup sehat. Anda harus berdisiplin tinggi untuk melaksanakannya. Jika Anda melanggarnya memang orang lain tidak tahu dan tidak mempedulikannya. Namun, ada perasaan bersalah saat melakukannya. Itulah yang disebut komitmen.

✗ Yang perlu anda ketahui dari RESIKO OBESITAS

obesitas-4

Penyakit yang umum menyertai obesitas adalah diabetes tipe-2, osteoartritis, kanker payudara, kanker prostat, penyakit jantung, stroke, gangguan pernapasan, batu ginjal, gout dsb. Secara singkat, obesitas meningkatkan berbagai risiko penyakit yang harus ditangani secara serius, karena potensial mengancam kesehatan bahkan dapat berujung pada kematian.

Itulah beberapa cara mencegah obesitas yang harus Anda ketahui. Salam sehat selalu.

664 total views, 1 views today

Related Post


3 Macam Olahraga yang Menyenangkan untuk Mengikis Timbunan Lemak
3 Macam Olahraga yang Menyenangkan untuk Mengikis Timbunan Lemak

Olahraga yang menyenangkan tentu sangat diinginkan oleh semua orang. Namun,…

Kenali Bahaya Obesitas Sejak Dini
Kenali Bahaya Obesitas Sejak Dini

Obesitas memiliki ancaman yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Orang yang…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>